Rabu, 26 April 2017

Total Synthesis of Mitomycin
Oleh:
Herliani Lusiana (F1C114055)
herlianilusiana26@gmail.com
Mitomycin adalah obat yang biasanya digunakan bersamaan dengan obat lain untuk mengobati berbagai jenis kanker (seperti kanker lambung/kanker pankreas). Mitomycin bekerja memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker. Obat ini diberikan dengan cara disuntikkan ke pembuluh darah. Mitomycin membuat stop kodon pada kanker. Mitomycin C bekerja dengan menempel sel kanker DNA (yang kode genetik sel) bersama-sama sehingga tidak bisa datang terpisah lagi. Sel tidak dapat membagi sehingga kanker tidak bisa tumbuh mitomycin C, yang menghambat DNA dan RNA sintesis oleh menyebabkan silang DNA. Hal ini efektif terhadap kanker payudara, paru-paru, leher rahim, kandung kemih, dan saluran pencernaan tetapi karena toksisitasnya terutama digunakan untuk pengobatan paliatif pasien yang belum menanggapi pengobatan lain. Mekanisme reaksi mitomycin sebagai obat antikanker adalah berikatan dengan DNA tumor sehingga replikasi DNA dari tumor terganggu dan lama kelamaan akan mati.
Mitomycin A diisolasi dari Streptomyces caesipitosus pada tahun 1956 sedangkan mitomycin 3 tahun setelahnya yakni pada tahun 1958. Adapun beberapa struktur dari mitomycin antara lain seperti berikut:

Adapun mekanisme reaksi mitomycin yang dapat berfungsi sebagai obat antikanker, yaitu dengan cara berikatan dengan DNA tumor tersebut sehingga proses replikasi DNA tumor tersebut terancam yang pada akhirnya akan mati. Berikut adalah mekanisme reaksinya:

Mitomycin C mengalami reduksi sehingga terbentuk O karbonil (atas) menjadi elektropositif dan PEB berdelokalisasi pada cincin siklik serta O karbonil (bawah) menjadi OH, reduksi bertujuan untuk melindungi gugus fungsi karbonil. Kemudian terjadi pelepasan –Ome dari struktur menjadi MeOH sehingga elektron terdelokalisasi pada cincin siklik membentuk ikatan rangkap. Lalu pada struktur mitomycin mengalami reaksi alkilasi oleh DNA tumor. DNA mengalami crosslinking membentuk siklisasi dan melepas gugus –OCONH2. Lalu terjadi reaksi oksidasi membentuk gugus karbonil pada struktur awalnya.
Mitomycin dapat disintesis di Laboratorium dengan material awal adalah orto-dimetoksi toluene, dengan rentrosintesis sebagai berikut:

Sintesis Total pertama mitomycin diperoleh melalui  pendekatan Kishi pada tahun1977 yaitu kurang lebih dari dua dekade setelah mitomycin ditemukan. Adapun tahapan sintesis senyawa mitomycin berdasarkan pendekatan khisi yaitu:








Sources:
Fukuyama, T dan Yang, L. 1986. “Total Synthesis of (±) Mitomycin C via Isomitomycin A intermediate”. Tetrahedron Lett. 27.: (6299).
https://etd.ohiolink.edu/rws_etd/document/get/osu1053355296/inline
https://hellosehat.com/obat/mitomycin/

29 komentar:

  1. Mengapa mitomisin dapat menghambat sel kanker? Mohon dijelaskan reaksinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mitomycin biasanya digunakan bersamaan dengan obat lain untuk mengobati berbagai jenis kanker. Mitomycin bekerja memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker. Mitomycin membuat stop kodon pada kanker. Mitomycin C bekerja dengan menempel sel kanker DNA.

      Hapus
  2. Saya masih belum jelas tentang perbedaan dari mitomycins A dan C dalam aplikasinya? mohon jelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pada reaksi diatas dapat dijelaskan juga dimana untuk sintesis mitomycin C berasal dari retrosintesis mitomycin A. Untuk perbedaan lainnya yaitu pada gugus X dimana mitomycin A diisi oleh OMe sedangkan Mitomycin C oleh gugus NH2.

      Hapus
  3. Halo Lusi, mau tanya dong,dikatakan bahwa Sintesis Total pertama mitomycin diperoleh melalui pendekatan Kishi pada tahun1977. pendekatan Kishi itu seperti apa sih? mohon dijawab ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dengan pendekatan Kishi seperti yang dijelaskan diatas dimana digunakan TiCl4 sebagai katalis untuk reaksi material awal,dan dengan retrosintesis mitomycin A untuk mendapatkan material awalnya. untuk penjelasan lebih detail munkin bisa sama-sama kita pelajari lebih lanjut.

      Hapus
  4. Apa Perbedaan dari jenis2 mitomycin yang telah anda sebutkan?

    BalasHapus
  5. Pada tumbuhan apa kita bisa mendapatkan senyawa mitomycin?

    BalasHapus
  6. apa yang menyebabkan mitomycin dapat terbagi atas ebebrapa tipe ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gugus sampingnya berbeda dan sifat serta fungsi yang berbeda.

      Hapus
  7. dapatkah mytomycin disintesis dengan senyawa awal selain yang anda contohkan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. perlu dilakukan studi lebih lanjut untuk itu

      Hapus
  8. Apakah ada cra yang lebih efektif untuk mensisntesis senyawa mitomicin ini?

    BalasHapus
  9. Reaksi apa saja yg terjadi dlm sintesis total mitomycins C?

    BalasHapus
  10. Apakah hal yang mendasari perbedaan antara masing-masing mytomicin ?

    BalasHapus
  11. mengapa mitomicyn dapat mengobati kanker?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena sifat yang telah dijelaskan diatas

      Hapus
  12. Sebutkan jenis mitomysin serta aplikasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan dibaca kembali diatas dan untuk aplikasi secara umum mitomycin digunakan sebagai anti kanker

      Hapus
  13. Apakah ada jalur sintesis yang lebih sederhana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja namun perlu dipikirkan kembali keefektifannya

      Hapus
  14. Apa yang membedakan mytomicin A dan C ?

    BalasHapus
  15. Apakah senyawa mytomicin dapat disintesis dari bahan yang lain ?

    BalasHapus